File:Bendungan air padi kali pikatan.jpg

From Wikimedia Commons, the free media repository
Jump to navigation Jump to search

Original file(3,373 × 5,472 pixels, file size: 4.12 MB, MIME type: image/jpeg)

Captions

Captions

Add a one-line explanation of what this file represents

Summary[edit]

Description
Bahasa Indonesia: BENDUNGAN PADI Kali Pikatan adalah sungai yang penting sejak jaman Majapahit. Aliran air yang tidak pernah kering bisa mendatangkan kemakmuran dan juga bencana. Karena itu Majapahit pernah membuat bendungan di Wewe daerah Pacet. Pada jaman kolonial Kali Pikatan dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi gula yang menjadi komoditas utama eksport-nya.

Tanggal 12 Oktober 1897, Asisten Residen Mojokerto melaporkan adanya kecelakaan di proyek bendungan kali Pikatan di Desa Padi Onder-distrik/kecamatan Pugeran. Tujuh orang terkena ledakan dinamit yang digunakan untuk menghancurkan batu-batu besar di kali tersebut. Satu orang pekerja meninggal dunia dan enam orang lainnya terluka. Proyek bendungan Kali Pikatan dikerjakan mulai tahun 1897 untuk mencukupi kebutuhan air ke perkebunan tebu milik pabrik gula Pohjejer. Sawah yang disewa itu ada di sisi timur Kali Pikatan. Aliran air yang berasal dari gunung Welirang itu diperkirakan dapat digunakan untuk mengairi 6000 bauw dari saluran yang dialiran dengan saluran air Dam Padi. Bahkan bisa pula mengairi 3.400 bauw lainnya dengan membuat saluran tersier. Pembangunannya dapat diselesaikan setahun setelahnya. Sebelum dibuatkan dam Padi, warga sekitar telah berusaha memanfaatkan air Kali Pikatan. Mereka bergotong royong membendung alirannya dengan menimbunkan kayu yang diperkuat dengan tumpukan batu. Tetapi bendungan tradisional itu sering terbawa air saat debitnya meningkat pada waktu musim penghujan. Pembuatan dam Padi sesungguhnya penuh kendala. Bukan hanya kecelakaan akibat digunakannya bahan peledak saja, banjir juga sempat menghantam bangunan yang belum jadi. Untungnya material yang hilang bisa segera diganti dari batu-batu yang banyak terdapat di dasar kali tersebut. Kontur Kali Pikatan sendiri merupakan sangai dengan arus deras yang liar. Tebing di sisi kanan dan kiri yang curam itu terbentuk dari gerusan air selama bertahun-tahun. Semakin tahun semakin dalam hingga sulit untuk mengaliri sawah penduduk, terutama saat musim kemarau. Rencana teknis dam Padi dibuat oleh Dinas Irrigasi Propinsi Jawa Timur. Pelaksanaannya diserahkan pada Dinas penggairan Afedeling Brantas yang kantornya ada di barat alun-alun Mojokerto. Material batu yang digunakan diambil langsung dari batu yang banyak tersedia di sekitarnya. Ketersediaan material itu yang mempercepat proses pengerjaan bendungan yang memiliki tiga pintu air tersebut. Saluran air Padi terhubung dengan pintu air Ketintang yang dibuat oleh Bupati Kromodjojo Adinegoro. Saluran air Ketintang sudah ada sebelum dam Padi dibuat. Tetapi pintu air Ketintang itu tidak bisa berfungsi maksimal jika permukaan air Pikatan turun di musim kemarau. Dan setelah itu kesulitan di saluran Ketintang dapat diatasi hingga sawah terairi sepanjang tahunnya.

Setelah selesai, Dam Padi bisa meningkatkan hasil pertanian di kawasan Mojokerto selatan. Pun demikian pula dengan bahaya banjir yang mengancam kota Mojokerto dapat dikurangi. Air dari Kali Pikatan itu bersatu dengan aliran Kali Landean di Dinoyo dan membentuk Kali Brangkat. Besarnya jumlah air Kali Brangkal itulah yang sering mendatangkan bencana di dalam Kota Mojokerto.
English: Dam in the Pikatan River (kali Pikatan), Mojokerto Regency, East Java. Its water is used for the irrigation of paddy fields and sugar cane plantations.
Date
Source Own work
Author Adhi hendrana jayawardhana

Licensing[edit]

I, the copyright holder of this work, hereby publish it under the following license:
w:en:Creative Commons
attribution share alike
This file is licensed under the Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International license.
You are free:
  • to share – to copy, distribute and transmit the work
  • to remix – to adapt the work
Under the following conditions:
  • attribution – You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
  • share alike – If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same or compatible license as the original.


File history

Click on a date/time to view the file as it appeared at that time.

Date/TimeThumbnailDimensionsUserComment
current01:07, 12 May 2019Thumbnail for version as of 01:07, 12 May 20193,373 × 5,472 (4.12 MB)Adhi hendrana jayawardhana (talk | contribs)User created page with UploadWizard

There are no pages that use this file.

Metadata