File:Asep Jahidin 2016. anatomi pekerjaan sosial profesional.png

From Wikimedia Commons, the free media repository
Jump to navigation Jump to search

Original file(1,080 × 1,920 pixels, file size: 352 KB, MIME type: image/png)

Captions

Captions

Add a one-line explanation of what this file represents

Summary[edit]

Description
Bahasa Indonesia: Tidak ada ilmu lain yang secara spesifik mengambil kesejahteraan sebagai objek formal selain Ilmu Kesejahteraan Sosial dengan ciri utamanya adalah keberfungsian sosial. Keberfungsian sosial ini tidak dipahami sebagai sesuatu yang berdiri sendiri, dia haruslah dipahami sebagai rangkaian yang dimulai dari tumbuhnya perasaan sejahtera pada diri individu, kemudian setelah itu individu akan terdorong untuk menjalin relasi dengan orang lain yang pada akhirnya semua itu akan memberikan perasaan puas pada diri individu karena peran-peran yang dia miliki dalam kehidupannya secara pribadi maupun sosial. Demikianlah sejatinya keberfungsian sosial itu. Disinilah kedudukan Ilmu Kesejahteraan Sosial di antara ilmu - ilmu lain yang sudah ada termasuk ilmu-ilmu yang telah memberikan pengaruh dan mewarnai Ilmu Kesejahteraan Sosial sebagaimana terlihat pada gambar anatomi di atas.

Kita juga dapat melihat gambaran kesimpulan bahwa pekerjaan sosial adalah bentuk aktifitas tak terpisahkan dari ilmu kesejahteraan sosial, sementara Ilmu Kesejahteraan Sosial memiliki akar keilmuan dari berbagai ilmu lain sebagaimana yang diserap dalam proses interdisiplin ilmu. Maka dengan demikian dapat dipahami bahwa pekerjaan sosial sejatinya adalah bentuk aksiologi dari epistimologi Ilmu Kesejahteraan Sosial. Pekerjaan sosial adalah dimensi praktis dari Ilmu Kesejahteraan Sosial. sementara epistiomologi kesejahteraan sosial sendiri sejatinya adalah buah dari perenungan ontologis yang mempertanyakan hakikat kesejahteraan manusia dan kehidupannya sebagai individu maupun mahluk sosial yang berfokus pada aspek kesejahteraan sosial tersebut. Praktek penerapan Ilmu Kesejahteraan Sosial tersebut sebagaimana terlihat pada gambar anatomi, dapat bergerak pada tiga level yaitu level mikro, level messo dan level makro. Pada semua level istilah praktek yang dugunakan adalah praktek pekerjaan sosial atau aktornya disebut pekerja sosial, kemudian pada level tertentu biasanya digunakan juga istilah yang berbeda (case worker, community worker dll). Pada dimensi mikro dan meso aktornyanya disebut dengan pekerja kasus (case worker) biasanya melakukan intervensi pada tingkat individu dan keluarga atau kelompok kelompok kecil. Pada dimensi makro aktornya sering disebut dengan pekerja komunitas (community worker) biasanya pada tingkat kelompok besar, sebuah komunitas maupun masyarakat luas. Pada dimensi makro ini pula Ilmu Kesejahteraan Sosial dapat diterapkan dalam bentuk advokasi kebijakan sosial, pemberdayaan masyarakat, pembangunan kesejahteraan sosial pembuatan kebijakan sosial dan pembangunan sosial secara lebih luas.

Praktek pada tingkat kebijakan makro biasanya telah melibatkan para ahli maupun para spesialis pada issu tertentu sesuai dengan arah kebijakan yang ingin dibangun, misalnya spesialis pekerja sosial anak, spesialis pekerja sosial bencana, spesilis pekerja sosial medis, difabilitas dan yang lainnya. Pada pengambilan kebijakan di tingkat birokrasi negara juga biasanya melibatkan hampir semua pemegang kepentingan dari tingkatan mikro hingga makro.
Date
Source Own work
Author Asepjahidin

Licensing[edit]

I, the copyright holder of this work, hereby publish it under the following license:
w:en:Creative Commons
attribution share alike
This file is licensed under the Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International license.
You are free:
  • to share – to copy, distribute and transmit the work
  • to remix – to adapt the work
Under the following conditions:
  • attribution – You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
  • share alike – If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same or compatible license as the original.

File history

Click on a date/time to view the file as it appeared at that time.

Date/TimeThumbnailDimensionsUserComment
current02:04, 14 November 2016Thumbnail for version as of 02:04, 14 November 20161,080 × 1,920 (352 KB)Asepjahidin (talk | contribs)Cross-wiki upload from id.wikipedia.org

There are no pages that use this file.

File usage on other wikis

The following other wikis use this file: